Minggu, 03 Januari 2016

Kasus Daviss Humanics

KASUS DAVIS HUMANICS BLOG 7
Davis Humanics (DH) merupakan perusahaan yang dibentuk pada 1982 yang menyediakan layanan sumber daya manusia  (SDM) kepada 7000 perusahaan dengan total karyawan hampir 100.000 orang. Layanan ini termasuk pemrosesan gaji karyawan,  perpajakan, asuransi kesehatan dan manajemen klaim, dan manajemen rencana pensiun. DH  memiliki pendapatan pertahun  $2 Billion dan sekitar 1000 karyawan. DH  sudah berkembang cepat dan memiliki klien dari beragam-macam, mulai dari perusahaan kecil dengan jumlah karyawan kurang dari  50 sampai dengan  500  perusahaan besar.
Seiring perkembangannya, DH memiliki masalah dalam menjaga konsistensi kualitas pelayanannya.Masing-masing Manajer Account  harus mengurus lebih banyak klien, dan kedepannya akan membuat susah para Account Manajer untuk menjaga kontak pribadi dengan para Eksekutif HR  kebanyakannya tidak pernah dijumpainya. Selain Account Manager, para klien juga biasanya berhubungan dengan para staf operasional DH (yang bertugas memasukkan data tugas), dan staf profesional DH (pengacara, aktuaris, dan HR profesional yang berkonsultasi dengan klien DH dan konseling hukum dengan memperhatikan rencana pensiun dan benefits nya).
Dikarenakan para klien DH yang berbeda dari operasional dan cara bekerjanya, DH harus fleksibel dalam melakukan input data. Contohnya, layanan pemrosesan gaji DH member klien beragam cara untuk mengirmkan data time card nya. Klien yang terbesar meminta untuk transfer informasi lewat custom PC-to-PC. Beberapa klien besar juga menggunakan transfer EDI (Electronic Data Interchange). Kebanyakan klien medium dan kecil menggunakan e-mail atau fax informasi time card nya. Untuk Asuransi Kesehatan danPengurusan Klaim lebih rumit lagi. Selain klien yang mengirimin formasi melalui beragam macam format, perusahaan asuransi meminta agar informasinya untuk dikirim dengan format spesifik, yang dimana pengiriman nya masing-masing berbeda.
Rumitnya operasional DH juga bertumbuh seiring perusahaan mendapat klien baru. Sandi Higbee, Direktur Operasional DH, meminta bantuan anda untuk menyimpulkan sebuah sistem Web-Based CRM yang bisa membantu Account Manager dalam pekerjaannya menghadapi klien yang datang terus-menerus. Sandi me-review beberapa produk yang ditawarkan oleh perusahaan CRM yang terkenal dan yakin akan bekerja, namun tidak peduli produk apapun yang dipilih, Sandi yakin akan diperlukan modifikasi karena operasional DH yang cukup kompleks dan berbeda dari kebanyakan perusahaan. Sistem CRM yang bagus untuk DH yakni yang bisa memonitor segala tipe interaksi pelanggan dengan Account manager, Staf Operasional, Staf Sistem, dan Staf Profesional. Selain itu, system antar muka / interface web nya memperboleh kan klien DH untuk mengakses bagian dari sistem CRM agar mereka bisa mengikuti perkembangan DH pada request kerja dan informasi permintaan yang tertunda.
DH mengevaluasi seluruh proyek perusahaan, termasuk proyek IT dengan menggunakan ROI (Return on Investment). Sandi juga khawatir tentang ini karena dia yakin keuntungan dari proyek CRM ini akan sulit untuk dianggarkan. Di sisi lain, biaya dari proyek CRM ini (pembelian software dan hardware  dan juga konsultan yang dipekerjakan untuk meng-customize software CRM sesuai kebutuhan spesifik DH) akan lebih mudah di anggarkan dan akan makin besar. Sandi mengharapkan tim konsultan vendor untuk bisa menganggarkan antara $1 Million dan $2 Million untuk proyek ini.
REQUIRED

1.      Siapkan sebuah outline/garis besar dari keuntungan yang DH harapkan untuk didapat dari proyek CRM ini. Gunakan Kategori untuk merapikan daftar keuntungannya; contohnya, anda mungkin mengidentifikasi keuntungan yang sesuai untuk para Account Manager, Operation Staff, IT Staff, dan Professional Staff. Karena para klien DH juga merupakan keuntungan, anda mungkin bisa mengidentifikasi keuntungan untuk Marketing DH dan Sales Departments atau untuk departemen baru DH Product Development. Pastikan untuk memasukkan keuntungan jangka panjang yang anda pikir bisa terjadi setelah sistem CRM nya digunakan untuk beberapa tahun.
Jawab :
·         Keuntungan menggunakan CRM yaitu mempermudah proses kerja Account Manager dalam perkejaannya menghadpi klien yang datang terus menerus, disamping itu CRM memiliki sistem yang sangat bagus untuk DH yakni bisa memonitor segala tipe interaksi klien dengan Account Manager, Staf Operasional, Staf Sistem, Dan Staf Profesional. Disamping itu sitem antar muka / interface Webnya memperbolehkan klien DH untuk mengakses bagian dari sistem CRM agar mereka bisa mengikuti perkembangan DH pada Request kerja dan informasi permintaan yang tertunda.
·         Penghasilan yang dimiliki DH pertahun ( $ 2 Billion / Rp 25,000,000,000,-).

2.      Perkirakan nilai Dollar dari setiap keuntungan yang anda identifikasi dijawaban pertanyaan pertama.
Jawab :
·         Analisa Investasi Davis Humanics (DH) berdasarkan pendapatan tahunan dari menyediakan Layanan SDM kepada 7000 perusahaan dengan sekitar 1000 karyawan adalah sebesar ( $ 2 Billion / tahun ) dengan Analisa Profitabilitas yang diukur dengan ROI (Rate of Return on Investment).
·         $ 2 Billion / Rp 25,000,000,000 / 12 bulan dengan rata – rata perbulannya menghasilkan = Rp 2,083,333,333.3333,-

3.      Siapkan sebuah halaman memo untuk para direktur DH yang membahas bahwa anda berlawanan pendapat dengan menggunakan ROI sebagai metode utama untuk mengevaluasi proyek ini. Perlu diperhatikan juga jika para direktur mempunyai sedikit waktu untuk me-review pendapatan dan sangat mendukung penggunaan ROI untuk seluruh evaluasi proyek.

Jawab :
·         Halaman Memo untuk para direktur Davis Humarics (DH)

MEMO










·         Menurut  Analisa dan Identifikasi saya dengan menggunakan metode IRR ( Internal Rate of Return ) dengan menggukan Sistem Likuiditas dan Profitabilitasuntuk mengukur kemampuan usaha dalam menghasilkan laba. Ini dapat diukur dengan ROI (Rate of Return on Investment) dan ROE (Rate of Return on Equity). ROI dan ROE yang baik,
lebih besar dari suku bunga Bank / Finance seperti yg tergambar dibawah ini :
·         ROI dan ROE dibawah ini berdasarkan pendapatan DH pertahun ( $ 2 Billion /Rp 25,000,000,000,-)
Bulan
ROI
ROE

Bulan-1
15,79%
28,75%
Bulan-2
19,84%
35,00%
Bulan-3
23,94%
40,65%
Bulan-4
25,13%
40,76%
Bulan-5
26,44%
40,86%
Bulan-6
27,90%
40,97%
Bulan-7
29,53%
41,08%
Bulan-8
31,36%
41,18%
Bulan-9
33,43%
41,29%
Bulan-10
35,81%
41,40%
Bulan-11
38,54%
41,50%
Bulan-12
41,73%
41,61%


Tidak ada komentar:

Posting Komentar