1.
Sebutkan
informasi apa saja yang bisa disediakan oleh CRM dalam perusahaan
untuk para salesnya. Jelaskan secara singkat bagaimana informasi tersebut bisa
membantu salesnya bisa deal saat di tempat pelanggannya.
Jawaban: Informasi yang
bisa disediakan oleh CRM perusahaan untuk para salesnya antara lain sbb:
1. Informasi tentang evaluasi prospek dimaksudkan untuk melihat, memantau dan mengukur sejauh mana target yang
menjadi tujuan dan sasaran terhadap nilai pasar sebuah produk perusahaan yang
dikembangkan agar para sales bisa mengukur sejauh mana capaian sebuah kinerja.
2. Informasi tentang cara penulisan proposal maksudnya adalah setiap tindakan atau perbuatan yang akan
direncanakan harus dimuat dalam bentuk lembaran yang didalamnya memuat hal-hal
yang berkaitan dengan permohonan, harapan dan penegasan akan target sebuah
kinerja para sales.
3. Konfigurasi
produk adalah bentuk atau model sebuah produk yang akan menjadi
barang penjualan, bentuk tersebut menjadi brand sebuah perusahaan untuk tampil
dengan gaya berbeda dalam sistem penjualan
4. Informasi tentang entri pemesanan,
namun para penggunanya menemukan
kesulitan dalam penggunaannya dan sistemnya susah dipelajari. Dan keuntungan
sistem yang dijanjikan pun tidak dicapai,manajer
sales tidak mendapat keuntungan dari
sistem. Para Sales juga harus menghabiskan waktu untuk memasukkan data daripada
menemui pelanggan. Entri pemesanan dianggap berat dan tidak familiar.
·
Yaitu dengan cara menggunakan teknologi CRM karena mampu
menghasilkan laporan yang akurat dan komprehen, agar nantinya bisa berguna
untuk menganalisa kelakuan pelanggan.
2.
Saat CRMnya diluncurkan ulang, divisi CC
fokus dengan 2 hal. Dengan 200 kata, jelaskan bagaimana pendekatan ini bisa
bekerja dengan baik secara umum, daripada memasang sistem CRM komprehensif yang
bisa mencatat aktivitas penjualan dan informasi terkait dalam real-time.
Jawab : Fokusnya
pada perancangan ulang proses entri pemesanannya, hasilnya mampu mengurangi
waktu entri data dan efisien. Para sales memiliki remote control terhadap
sistemnya, jadi mereka bisa bekerja dengan mudah untuk mengkonfigurasi
spesifikasi yang sesuai permintaan pelanggan. Para sales juga bisa mendapat
informasi harga dan mencari solusi alternatif ketika berada di tempat
pelanggannya. Mereka juga bisa memeriksa jadwal produksi dan memberikan
perkiraan waktu pengantaran yang akurat. Dengan akses remote, informasi yang
real-time membantu para sales untuk menyelesaikan deal dan meningkatkan jumlah
dan keuntungan penjualan.
3. berapa kali
perusahaan tersebut mengubah sistemnya ?
Jawab : perusahaan
tersebut mengubah sistemnya selama 3 kali.
4. kenapa dilakukan perubahan sistem ?
Jawab :
·
Sistem yang pertama
: pada tahun 2001 saat penurunan nilai penjualan sehingga divisi
mengalami penurunan penjualan. Perusahaan juga tidak menyediakan cukup data tentang tepatnya
penjualan mana yang menurun lebih banyak. Manajer Penjualan hanya
mengandalkan salesman mereka untuk informasi tentang ramalan penjualannya.
Ramalan penjualan disini adalah dengan pertimbangkan, tebak-tebakan, dan model
software spreadsheet yang tersebar di kantor penjualan mereka di berbagai
daerah. Para salesman tersebut hanya berdampak sedikit saja pada penjualannya, Sehingga digunakan
·
Sistem yang Kedua :sistem
CRM komprehensif digunakan untuk menunjang sistem yang telah ada, namun sistem
in tidak berhasil dengan baik.
·
Sistem yang Ketiga
: pada tahun 2002 Ketika Presiden CC merasa sistem CRM komprehensif tersebut tidak berhasil, dibentuklah tim manajemen
untuk memeriksa elemen kunci dari CRM nya. Tim tersebut menemukan 2 masalah
utama. Pertama, entri pemesanan memerlukan banyak waktu, dan mengurangi
interaksi dengan pelanggan. Kedua, Divisi
CC tidak menghasilkan ramalan penjualan yang akurat dan terbaru.*dan pada tahun tersebut juga, divisi CC
meluncurkan kembali CRM nya dan fokus dengan 2 area yang bermasalah. Fokusnya
pada perancangan ulang proses entri pemesanannya, hasilnya mampu mengurangi
waktu entri data dan efisien. Para sales memiliki remote control terhadap
sistemnya, jadi mereka bisa bekerja dengan mudah untuk mengkonfigurasi
spesifikasi yang sesuai permintaan pelanggan. Para sales juga bisa mendapat
informasi harga dan mencari solusi alternatif ketika berada di tempat
pelanggannya. Mereka juga bisa memeriksa jadwal produksi dan memberikan
perkiraan waktu pengantaran yang akurat. Dengan akses remote, informasi yang
real-time membantu para sales untuk menyelesaikan deal dan meningkatkan jumlah
dan keuntungan penjualan.
5. apakah E-CRM
membantu perusahaan itu ?
Jawab : sistem in
membuat para
sales memiliki remote control terhadap sistemnya, jadi mereka bisa bekerja
dengan mudah untuk mengkonfigurasi spesifikasi yang sesuai permintaan
pelanggan. Para sales juga bisa mendapat informasi harga dan mencari solusi
alternatif ketika berada di tempat pelanggannya. Mereka juga bisa memeriksa
jadwal produksi dan memberikan perkiraan waktu pengantaran yang akurat. Dengan
akses remote, informasi yang real-time membantu para sales untuk menyelesaikan
deal dan meningkatkan jumlah dan keuntungan penjualan.*Ramalan penjualan
sekarang lebih akurat karena informasi penjualan dan pemesanan sudah otomatis
dikumpulkan ketika sales berhasil deal
dengan pelanggannya. Sistem CRM nya menggabungkan informasi penjualan secara
real-time dengan informasi permintaan cart, siklus penggantian cart, dan tren
ekonomi dalam insutri pelanggannya. Peningkatan akurasi dari ramalan penjualan
membantu perusahaannya membuat jadwal produksi yang tetap, dan jadwal
pengiriman yang tepat juga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar